Konsep Dasar Algoritma



ALGORITMA
• Adalah inti dari ilmu komputer.
• Algoritma adalah urutan-urutan dari instruksi atau
  langkah-langkah untuk menyelesaikan suatu masalah.
• Algoritma adalah blueprint dari program.
• Sebaiknya disusun sebelum membuat program.
• Kriteria suatu algoritma:
   - Ada input dan output
   - Efektivitas dan efisien
   - Terstruktur

Contoh Algoritma 1
    Mengirim surat kepada teman:
1.    Tulis surat pada secarik kertas surat.
2.    Ambil sampul surat.
3.    Masukkan surat ke dalam sampul.
4.    Tutup sampul surat menggunakan perekat.
5.    Jika kita ingat alamat teman tersebut, maka tulis alamat pada 
     sampul surat
6.    Jika tidak ingat, lihat buku alamat, kemudian tulis alamat pada
     sampul surat
7.    Tempel perangko pada surat.
8.    Bawa surat ke kantor pos untuk diposkan.

Contoh Algoritma 2
    Mencari akar bulat positif dari bilangan bulat (integer) positif a:
1.    Masukkan bilangan bulat positif a
2.    Berikan harga awal x sama dengan 1
3.    Hitung y sebesar x * x
4.    Jika y sama dengan a maka cetak x sebagai akar dari a. Selesai
5.    Tambah nilai x dengan 1
6.    Pergi ke langkah 3.

Contoh Algoritma 3
Menentukan apakah suatu bilangan merupakan bilangan ganjil 
atau bilangan genap.
1.    Masukkan sebuah bilangan sembarang
2.    Bagi bilangan tersebut dengan bilangan 2
3.    Hitung sisa hasil bagi pada langkah 2.
4.    Bila sisa hasil bagi sama dengan 0 maka bilangan itu adalah bilangan 
     genap tetapi bila sisa hasil bagi sama dengan 1 maka bilangan itu 
     adalah bilangan ganjil.
  
FLOWCHART
·      Bagan-bagan yang mempunyai arus yang menggambarkan langkah-langkah
     penyelesaian suatu masalah.
·      Merupakan cara penyajian dari suatu algoritma.
·      Ada 2 macam Flowchart :
– System Flowchart  à urutan proses dalam system dengan menunjukkan alat
   media input, output serta jenis media penyimpanan dalam proses pengolahan
   data.
– Program Flowchart à urutan instruksi yang digambarkan dengan symbol
   tertentu untuk memecahkan masalah dalam suatu program.

Simbol-Simbol Flowchart



Pembuatan Flowchart
·      Tidak ada kaidah yang baku.
·      Flowchart = gambaran hasil analisa suatu masalah
·      Flowchart dapat bervariasi antara satu pemrogram dengan pemrogram lainnya.
·      Secara garis besar ada 3 bagian utama:
-       Input
-       Proses
-       Output
·      Hindari pengulangan proses yang tidak perlu dan logika yang berbelit sehingga jalannya proses menjadi singkat.
·      Jalannya proses digambarkan dari atas ke bawah dan diberikan tanda panah untuk memperjelas.
  ·        Sebuah flowchart diawali dari satu titik START dan diakhiri dengan
       END.

CONTOH ALGORITMA & FLOWCHART 


Algoritma Menghitung Luas & Keliling Jajaran Genjang :
1. Mulai
2. Inputkan  Alas (a), Tinggi (t), Sisi(s)
3. Hitung Luas = alas x tinggi
4. Hitung Keliling = sisi a + sisi b
    + sisi c + sisi d
5. Cetak Luas Cetak Keliling
6. Selesai

Algoritma & Flowchart Menghitug Luas , Keliling Bidang Datar 
  • Algoritma Luas dan Keliling Bidang Datar
1. MULAI
2. PILIHAN OUTPUT :  1) Segitiga 3) Persegi Panjang
                                          2) Jajar Genjang 4) Lingkaran
3. INPUT PILIHAN
     Pilihan “1”  Segitiga
    - Jika Ya :
      Input Alas
      Input Tinggi
      Hitung Luas dengan formula  :   1/2 ×alas ×tinggi
      Hitung Keliling dengan formula      :  2×1/2 alas×tinggi
      Ke Langkah 4
    -Jika tidak, lanjut kepilihan “2”
     Pilihan “2” Jajar Genjang
     Jika Ya :
     Input Alas
     Input Tinggi
     Input Sisi
     Hitung Luas dengan formula     : alas×tinggi
     Hitung Keliling dengan formula       : S +S+S+S
             Ke Langkah 4
   - Jika tidak, lanjut kepilihan “3”
             Pilihan “3” Persegi Panjang
             Jika Ya :
     Input Panjang
     Input Lebar
     Hitung Luas dengan formula           : panjang×lebar
     Hitung Keliling dengan formula       : 2 ×panjang ×lebar
     Ke Langkah 4
   - Jika tidak :
     Input Phi = 3,14
     Input R
             Hitung Luas dengan formula    : phi×R ×R
     Hitung keliling dengan formula : 2 ×phi ×R
4.  CETAK LUAS DAN KELILING
5.  SELESAI

•    Flowchart Luas dan Keliling Bidang Datar

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perangkat Lunak Bebas (Free Software)

Apa Itu Sistem Operasi Komputer ?